Training ISO
By May 12, 2011 0 Comments Read More →

Advanced SOP Lifecycle

Advanced SOP Lifecycle

Videa Learning Café, Pulomas Jakarta|  Senin, 23 Mei 2011 | Pkl. 08.00 – 17.00  | Rp. 1.350.000/peserta


Standard Operating Procedure akan menjadi alat kendali yang efektif apabila:

  1. Dibuat melalui kesepakatan (convention)
  2. Dibuat sesuai profil penggunanya (minimal dua profil)
  3. Dibuat dengan memilih empat format yang tepat (narasi, grafik, flowchart atau video)
  4. Diberi masa berlaku (untuk memfasilitasi tinjau ulang)
  5. Dimasukkan dalam sebuah siklus

SOP Cycle adalah sebuah metode plan-do-check-act dalam mengembangkan sebuah SOP, sedangkan SOP Lifecycle adalah metode megembangkan SOP dari waktu ke waktu dari mulai SOP yang rinci hingga menjadi SOP yang ringkas.

Apa yang terjadi dengan SOP anda di tempat kerja? Boleh jadi SOP di tempat kerja anda tidak enak dibaca karena bahasanya rumit, kurang update karena tidak diberikan masa berlaku SOP, sulit diaplikasikan karena ditulis oleh konsultan, dlsb.

SOP tidak sama dengan Prosedur, apabila Prosedur dibuat oleh pihak independen berdasar asas top-down, SOP dibuat melalui kesepakatan antara penulis, pihak manajemen dan pengguna (3 pihak). Salah satu penyebab SOP tidak berfungsi semestinya adalah karena dibuat dengan tanpa melibatkan pengguna.

SOP yang benar adalah apabila dibuat sesuai dengan profil penggunanya (ahli atau dan pemula, tingkat ’kedewasaan’ kerja dan pendidikan), dan dibuat menggunakan format yang cocok—antara lain: pictorial, narration, flowchart atau video, dalam sebuah organisasi boleh jadi akan terdapat beberapa format sesuai dengan profil penggunanya.

Keberhasilan dan keterpakaian SOP ditentukan juga oleh ada tidaknya pengendalian dokumen di Perusahaan. Pada pelatihan ini, Fasilitator memberikan pengajaran bagaimana mengelola dokumen dan record SOP—dari mulai sistem penomoran, pendistribusian, perubahan hingga pemusnahan dokumen.

 

Pelatihan  praktis ini membekali anda dengan pengetahuan dan ketrampilan:

  1. Memahami istilah dan membuat persepsi yang sama akan istilah yang ada, misalnya: user manual, instruction manual, pedoman, Juklak, Juknis, Prosedur, Standard Operating Procedure, Instruksi Kerja dll
  2. Mengkaji ulang SOP yang ada
  3. Mengembangkan SOP dari awal menggunakan pemetaan Proses Bisnis (Benchmark dengan Daimler Chrisler)
  4. Membuat SOP sesuai dengan user profiles (Flowchart, Graphical, Narration, dan Video)
  5. Membuat SOP menggunakan atribut dan elemen yang standar, termasuk pertimbangan memberikan masa berlaku SOP
  6. Membuat ”SOP penyusunan SOP” menggunakan template dari insdustri perbankan, manufaktur dan telekomunikasi
  7. Membuat SOP Pengendian Dokumen (SOP, Formulir dan record)

 

Peserta pada pelatihan ini mendapat:

  1. Satu set SOP Template (senilai 100USD), termasuk didalamnya Panduan Penyusunan SOP
  2. Contoh SOP dari industri perbankan, manufaktur dan jasa
  3. Contoh video SOP administratif dan tehnis
  4. Sertifikat, Coffee break dan makan siang

 

Fasilitator:

Ady Allman Subagya

Fasilitator adalah seorang konsultan dan trainer yang berpengalaman dalam membantu organisasi menulis ulang business process-nya, membuat standard operating procedure, instruksi kerja/metode kerja, menerapkan ISO 9000, 14000, SMK3, OHSAS 18001. Sebelum independen, ia bekerja pada kelompok Siemens dan Daimler Benz.

Perusahaan yang telah didampingi antara lain: BPK, Bank Artha Graha, Indosat, Energizer Indonesia, TEAC Indonesia, JIST,  LAPAN, Berca Hardaya Perkasa,  Tobu Indonesia, Kiriu Indonesia, Subur  dan beberapa perusahaan lainnya

 

Persyaratan pendaftaran:

Peserta diharapkan membawa komputer, membawa gambar proses bisnis dan beberapa contoh SOP di tempat kerja, peserta tidak harus sudah menguasai penyusunan SOP.

Pelatihan ini bukan untuk pemula

 

Investasi:

Biaya pelatihan satu hari ini Rp. 1.350.000/peserta masing-masing peserta mendapat sebuah Flashdisk berisi kumpulan materi berkenaan dengan Business Process Mapping

 

Kelas in-house:

Fasilitator dapat menyelenggarakan pelatihan secara in-house (customised) dengan durasi dua (2) hari. Biaya kelas in-house Rp. 14.000.000/dua hari dan jumlah peserta tidak dibatasi.

 

Informasi Pelaksanaan Pelatihan: Panitia akan mengkonfirmasi pelatihan satu minggu sebelum hari pelaksanaan, apabila jumlah peserta diatas angka minimum maka kami akan mengirim surat undangan, dan apabila jumlah peserta dibawah jumlah minimum, kami akan mengundurkan jadwal pelatihan. Apabila kami mengundurkan jadwal pelatihan, kami mengembalikan biaya yang sudah dibayarkan dan  memberi konpensasi berupa  SOP Template yang dapat diambil ke kantor kami, untuk peserta yang belum melakukan pembayaran akan mendapat materi Powerpoint via email..

 

Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training
  1. INFORMATION OPTIONS
  2. (required)
  3. (required)
  4. PERSONAL DATA
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER
 

cforms contact form by delicious:days

Post a Comment